Beranda > Uncategorized > Outbound Bukan Ospek

Outbound Bukan Ospek

Kegiatan Outbound mahasiswa baru D4 ITB-Seamolec Batch diadakan tanggal 8-9 Agustus 2010 di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Jawa Barat. Kegiatan ini dimulai pukul 07:00 dengan berkumpul di Kampus UNWIM, dilanjutkan berjalan kaki ke Kiara Payung.

Didalam perjalanan timbul pertanyaan aneh masing-masing peserta. Apakah outbound ini sebenarnya? Apa saja kegiatan yang dilakukan? Adakah kekerasan fisik? Siapa instruktur, panitia atau yang akan mengesekusi kami di sana?

Pertanyaan aneh tersebut wajar muncul. Perjalanan ke Kiara Payung dengan berjalan kaki tidaklah dekat. Menurut perkiraan kami perjalanan kurang lebih 5 KM dengan keadaan menanjak.

Setalah melakukan perjalanan selama 30 menit, akhirnya kami disambut dengan makanan ringan dan minuman hangat. Waktu istirahatpun diberikan cukup lama. Sehingga kami bisa melanjutkan kegiatan berikutnya dengan baik.

Bapak Stanley Surlia dari Lembaga Pengembangan Motivasi KAIZINOV adalah pemimpin kegiatan outbound ini. Beliau membagi kami menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok diberi nama dengan arti masing. Peraturan yang diberikan setiap kelompok tidak boleh didominasi oleh daerah tertentu, harus berimbang antara laki-laki dan perempuan, ketua yang dipilih dapat digantikan jika tidak dapat memimpin, dan mempersiapkan yel-yel.

Kegiatan awal adalah pemberian materi motivasi. Materi ini disajikan dengan bentuk presentasi audio dan visual serta diselingi dengan kuis. Hal yang menariknya adalah SETIAP HAL POSTIF YANG KAMI LAKUKAN DIBERI REWARD (PENGHARGAAN). Penghargaan diberikan berupa tepuk tangan, selamat, pujian, benda (kaso kaki dan saputangan), dan bintang. Khusus untuk bintang merupakan penghargaan yang harus dikumpulkan sebanyak-banyaknya oleh setiap kelompok, jika ingin kelompok mereka menjadi pemenang diakhir kegiatan ini.

Pukul 11:30 kami lanjutkan dengan ISHOMA ( istirahat, sholat, makan). “Efek” dari materi yang diberikan mulai terasa. Saat makan siang tidak lagi di dominasi daerah tertentu. Celetukan masalah makan sering keluar dari peserta yang berasal Padang. Padang yang syarat masakan pedas tentu kaget disuguhi masakan manis khas sunda. “Ndak salero wak makan dek nyo” (Saya tidak berselera makan). Tapi ternyata bukan hanya orang Padang yang merasakannya, peserta dari Yogyakarta juga tidak begitu menyukai masakan yang terlalu manis.

Kegiatan paling menarik di hari pertama adalah sewaktu jam 8:00. Semua peserta mengelilingi kayu bakar. The fastest drama ever. Kami tidak menyangka drama “marah-marah” dilakukan pada hari pertama. Salah satu peserta yang berulang tahun tepat pada saat kegiatan ini berlangsung diminta untuk membakar kayu bakar tersebut. Beruntung bagi pantia (tapi musibah bagi peserta), peserta tersebut tidak dapat menyalakan api unggun dan menyerah. Lagi-lagi efek training motivasi kembali terasa. Satu persatu peserta BERSAMA-SAMA MENYALAKAN API dan tidak menyerah menyalakan api yang sering kali padam.

Pada hari ke-2, dimulai dengan berlari pagi. Setelah itu kami dibawa ke lapangan untuk melakukan games. Ada 5 game yang diberikan bapak Stanley dan kru nya. Game pertama masing-masing kelompok harus menghafalkan kotak yang telah diarsir. 10 orang perwakilan kelompok harus menginjak kotak-kotak yang mereka hafalkan. Game kedua semua peserta merangkak melewati kawat berduri (itu mah tentara yang nglakuin). Layaknya latihan militer kami merangkak dibawah tali dan tidak boleh menyentuh tali tersebut. Game ketiga adalah memasukkan kelereng kedalam pipa yang digulirkan di atas bambu yang disambung. Game keempat peserta harus menyeberangi kotak tali setinggi 0.5 meter dan 1 meter. Game terahir peserta harus bisa mengelurakan bola dengan air dari pipa yang telah dilobangi dibeberapa tempat.

Game yang diberikan tidak hanya untuk bersenang-senang. Pada setiap game ditekankan nilai-nilai tertentu. Khusus game terakhir sangat terlihat perubahan yang terjadi pada masing-masing kelompok. Kelompok yang pada hari pertama tidak begitu menonjol dalam strategi dapat lebih baik di hari ke dua. Kerjasama, kepercayaan, dan kebersamaan secara otomatis terbentuk.

Kegiatan outbound ini sangat bermanfaat memotivasi diri dan memupuk rasa kerjasama yang kuat antar peserta. Sebelumnya saya dua kali tidak mengikuti kegiatan penyambutan mahasiswa baru (Poltek dan Sastra) karena alasan ketakutan bakalan ada pelocoan dan sejenisnya. Tapi mengikuti acara ini saya merasa menjadi bangsa Indonesia. Keanekaragaman budaya dan suku bangsa yang tidak saya temukan di Padang (FYI, Padang hanya didominasi oleh Padang, Cina, Batak dan Jawa).

Bekerjasama, percaya dan memahami watak dari peserta dari daerah yang berbeda merupakan nilai-nilai yang ditanamkan Bapak Stanley dkk sangat membantu untuk beradaptasi dan proses perkuliahan ke depan” Aldo Erianda

Kegiatan outbond sangat bermanfaat untuk memotifasi diri dalam melakukan berbagai hal. Kegiatan outbond membentuk karakter diri menjadi lebih baik dan bersemangat.

Disaat mengikuti outbond kita dididik untuk bersikap disiplin, kerja sama, bersabar, hati hati, percaya pada teman dan meningkatkan kreatifitas didalam diri kita masing – masing.

Sebuah kata kata motivasi yang harus kita tanamkan di dalam diri kita adalah “saya pasti bisa, bila saya katakan bisa”. Ardi Al Hadi

Outbond kali ini merupakan outbond pertama yang saya ikuti. Selama mengikutinya, saya memperoleh berbagi pelajaran dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seperti pentingnya kerja sama dalam menyelesaikn permasalahan yang ada. Sikap pantang putus asa dan pantang menyerah harus ada dalam diri kita. Outbond ini memberikan motivasi dalam menjalani perkuliahan, sehingga mempunyai semangat untuk dapat menyelesaikan perkuliahan ini. M.Anggi W

Ternyata bukan ospek, peloncoan dan sejenisnya. Kami dapat mengenal sesama mahasiswa D4 ITB-Seamolec dengan cara yang manusiawi. Kami dapat bekerjasama dengan metode yang tepat. Kami dapat memahami sekitar kami tanpa kekerasaan. Kami juga dapat melihat siapa diri kami sebenarnya tanpa paksaan. Terima Kasih atas kegiatan yang sangat berharga ini.

Kategori:Uncategorized
  1. 17 Agustus 2010 pukul 8:40 AM

    tripleSix was here,, sore2 blogwalking,,

    ~666~

    • 6 September 2010 pukul 1:09 PM

      terima kasih, udah mampir..
      hehehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: